Jumat, 01 Januari 2010

Mudah Mengerjakan Akuntansi dengan Excel

Jurnal
Di dalam praktek pembukuan yang sesungguhnya, pencatatan pertama kali dari suatu transaksi dilakukan dalam jurnal. Jurnal adalah daftar atau tempat mencatat semua bukti transaksi secara kronologis dengan menyebutkan perkiraan yang harus didebit dan perkiraan yang harus dikredit. Bentuk jurnal ada bermacam-macam, salah satu diantaranya adalah jurnal berlajur dua yang dikenal dengan nama jurnal umum atau jurnal standart.
Dalam komputer yaitu program excel kita harus menuliskan dahulu nomor-nomor rekening dan nama-nama rekening yang digunakan perusahaan. Hal ini diperlukan karena untuk penulisan nomor rekening pada jurnal harus mengkopi dari nomor-nomor rekening yang terdahulu. Untuk mengkopi kita menggunakan sel tunjuk. Jadi tahap pertama sebelum mencatat dalam jurnal adalah membuat daftar yang berisi nomor rekening dan nama rekening sebagai berikut :

NO.REK NAMA REKENING
111 Kas
112 Piutang Usaha
114 Supplies kantor
115 Asuransi dibayar dimuka
121 Tanah
dst
Tahap selanjutnya adalah membuat jurnal umum dengan kolom-kolom sebagai berikut :
PERUSAHAAN X
JURNAL UMUM
BULAN : ……………..
TANGGAL BUKTI URAIAN NO.REK DEBIT KREDIT




Rekapitulasi, Saldo Akhir dan Penyesuaian
Dalam proses akuntansi setelah mencatat transaksi dalam jurnal kemudian memposting ke buku besar, dan membuat rekap. Namun dalam program excel setelah mencatat transaksi dapat langsung membuat rekapitulasi tanpa memposting ke buku besar terlebih dahulu. Hal ini akan meringankan beban pekerja dalam membuat pembukuan. Adapun kolom-kolom yang diperlukan adalah :

NO.REK DEBIT KREDIT SALDO AWAL


Dalam mengisi sisi kolom debit maupun kredit harus mengacu pada jurnal yang kita buat. Dari keenam kolom yang ada pada jurnal yang digunakan sebagai acuan hanya tiga kolom yaitu kolom nomor rekening, kolom debit dan kredit.
Dalam menghitung sisi kolom debit maupun kredit (rekapitulasi) menggunakan fungsi DATABASE yaitu DSUM. Kita menggunakan fungsi DSUM karena menjumlahkan data yang memenuhi kriteria.
Untuk mengkopi kebawah menggunakan fungsi Table.
Langkah-langkahnya :

  • Klik Data
  • Pilih Table
  • Mengisi coloum input sell ® diisi dengan nomor rekening yang pertama yaitu sebagai kolom kunci
  • Klik OK


Kolom saldo awal diisi sesuai data yang ada pada neraca awal.
Setelah menghitung atau membuat rekap dan mengisi saldo awal, langkah selanjutnya adalah menghitung saldo akhir. Untuk menghitung saldo akhir menggunakan rumus gabungan fungsi logika IF dengan Or, formulanya adalah sebagai berikut :

=IF(OR(logical test), value IF true, value IF false)

Laporan Keuangan
Laporan keuangan ini meliputi laporan rugi laba, perubahan modal dan neraca. Dalam membuat laporan keuangan ini perhitungannya mengacu pada neraca saldo yang telah disesuaikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar